Senin, 05 Agustus 2024

Kang Trisno Desa Menari, Terus Bergerak Berkelanjutan Tanpa Henti

Kang Trisno Desa Menari, Terus Bergerak Berkelanjutan Tanpa Henti

 

Lama tak jumpa tak membuatku lupa akan sosok Kang Tris, penerima Apresiasi SATU Indonesia Award tahun 2015 oleh PT. Astra International Tbk.

Kang Tris Desa Menari
Kang Tris Desa Menari


Dengan inspirasi yang keluar zona, Kang TrisKang Tris mampu menggerakkan dan bergerak dengan contoh.

Di desa kelahirannya, Dusun Tanon, Desa Ngrawan, Kecamatan Getasan, Jawa Tengah, Trisno, nama aslinya, mulai bergerak.

Dari desa stagnan, yang selama puluhan tahun ya hanya seperti itu, mulai bangkit menjadi desa keren dan kreatif, yaitu Desa Menari.

Mulai Bergerak

Tanon, Ngrawan, merupakan pemukiman lereng Gunung Telomoyo yang berhawa sejuk. Kebanyakan warga setempat bekerja sebagai petani. Begitu pula orang tua Kang Tris yang seorang petani.

Kang Tris Desa Menari
Kang Tris sedang berdialog dengan warga


Mulai aktif dari SMA di bidang pemberdayaan, Kang Tris ditempa berbagai hal saat melanjutkan kuliah di Fakultas Psikologi UMS.

Lulus tahun 2005, ia semakin giat melakukan berbagai kegiatan keorganisasian dan pemberdayaan bersama beberapa orang temannya.

Tahun 2012 mulai membangun laboratorium sosial Tanon dan memulai branding Desa Menari. Nama dan julukan yang keluar dari zona kebiasaan membuat Desa Tanon mulai dikenal.

Sebetulnya, apa itu Desa Menari? Nama Desa Menari adalah akronim dari Menebar Harmoni, Merajut Inspirasi, Menuai Memori. Memulai sesuatu untuk pengembangan desa memang tidak mudah, tapi Kang Tris terus bergerak.

Kang Tris Desa Menari
Pendopo Desa Menari


Langkah awal Kang Tris dengan membersamai para pemuda desa. Ngumpul depan rumah sambil duduk santai di lincak. Dari obrolan santai ini tercetus banyak ide seru yang akhirnya mulai direalisasikan.

Lincak adalah tempat duduk dari bambu yang sangat nyaman untuk tempat ngumpul orang desa. Lincak di depan rumah inilah yang sekarang telah berubah menjadi pendopo. Dengan proses yang amat panjang dan tak kenal kata menyerah.

Eksplor Kearifan  Lokal

Meskipun banyak ide berseliweran, tapi yang paling cocok untuk Desa Tanon perlu dicari. Melihat dari yang sederhana, inilah yang membuat Kang Tris mengamati kearifan lokal desanya. Hal kecil, jika dikembangkan mampu mengubah sesuatu yang sepertinya mustahil.

Kang Tris Desa Menari
Bersama para penari Desa Menari


Beberapa aktivitas keluar zona akhirnya menjadi daya pikat Desa Tanon yang dinobatkan sebagai Kampung Berseri Astra (KBA) Tanon seperti menari, beternak, bertani hingga eksplor dolanan ndeso.

Tarian klasik seperti Geculan Deso yang unik dan sangat menghibur. Pada umumnya tarian ini dihadirkan ketika ada acara khusus. Peternakan dan pertanian juga digerakkan dan dapat menjadi pembelajaran bagi pengunjung yang datang.

Kang Tris Desa Menari
Aku dan Desa Menari


Dolanan ndeso yang dieksplor seperti sudamanda, egrang, dakon dan masih banyak lagi yang lain. Kang Tris benar-benar melihat dari yang sederhana menjadi sesuatu bernilai tinggi.

Desa Tanon terus berproses dengan ide-ide luar biasa dan spektakuler. Melihat dari yang sederhana, menghasilkan sesuatu yang biasa menjadi luar biasa.

Kang Tris: Bersama, Berkarya dan Berkelanjutan

Perjuangan Kang Tris tidak pernah berhenti dan mulai menggali hal baru lagi. KBA Tanon terus berkarya dan berkelanjutan dengan eksplor Desa Wisata Tanon.

Kang Tris Desa Menari
Kang Tris Desa Menari (Foto: instagram.com.kangtris_desamenari)


Bahkan, berbagai daya pikat mampu menghipnotis para pengunjungnya, antara lain:

1. Workshop Outbound Ndeso

Workshop Outbound Ndeso adalah mengenal outbond dan seluk beluknya dengan fasilitas lengkap seperti welcome drink, snack ndeso, makan dan ada pemandu.

2. Workshop Desa Wisata

Workshop Desa Wisata dengan menambah wawasan tentang strategi pemberdayaan desa wisata, menyusun paket wisata hingga eksplor lapangan langsung.

Fasilitas cukup lengkap mencakup konsumsi, trainer, tempat menginap dan armada kendaraan.

3. Kesenian Rakyat

Pengunjung akan disuguhi pagelaran kesenian rakyat pada waktu malam hari lengkap dengan konsumsi khas ndeso yang pastinya dijamin ngangenin.

4. Paket Live In

Paket Live In terdiri dari dolanan khas ndeso, belajar dan melihat secara langsung mata pencaharian penduduk, belajar gamelan, tanaman obat, menari, jelajah alam dan produk kreatif.

Fasilitas cukup lengkap mulai dari welcome drink, api unggun, konsumsi dan tiket ke Gunung Gajah.

5. Homestay 1 Malam plus Fun Edukasi

Eksplor Desa Tanon meliputi dolanan ndeso, membuat sabun susu, belajar gamelan hingga belajar menari. Fasilitas tetap lengkap dan tentunya akan membuat pengunjung betah.

6. Homestay plus Puncak Telomoyo

Siapa yang suka naik gunung? Eksplor desa wisata ini dapat menjadi pilihan tepat berupa aktivitas seru mulai dari membuat produk kreatif, dolanan ndeso hingga naik puncak telomoyo.

Pengunjung dapat menginap selama 2 malam dan bisa naik armada jeep untuk ke puncak Telomoyo.

Masih ada pula Pembelajaran Dolanan Ndeso dan Workshop Pengasuhan Berbasis Bawaan. Eksplor desa wisata memberi ruang baru yang bagi Kang Tris semuanya berawal dari yang paling sederhana.

Berbagai aktivitas eksplor Desa Wisata Tanon merupakan proses berkelanjutan yang terus didengungkan Kang Tris. Bahkan Kang Tris juga menggarap produk sabun susu yang terus berkembang, menulis buku dan blog.

Menulis tentang Kang Tris memang tak pernah ada habisnya, jadi pingin ke Desa Menari lagi. Bertemu warga yang santun, berbagi kreativitas yang tak pernah ada habisnya.

Semangat Kang Tris Desa Menari, menebar harmoni yang berkelanjutan tanpa jeda. Salam!


This entry was posted in

0 komentar:

Posting Komentar